Esports.ID

Valve Habiskan 639 Milyar untuk Kreasi Skin CS:GO, Bisnis Unik?

Rendy Lim
11/06/2019 16:00 WIB
Valve Habiskan 639 Milyar untuk Kreasi Skin CS:GO, Bisnis Unik?
Weapon Skins CS:GO

Kebebasan untuk melakukan modifikasi kepada karakter dalam gim sudah menjadi sesuatu yang wajib dimiliki setiap gim saat ini. Selain dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan diri, modifikasi ini juga telah menjadi lahan bisnis yang menguntungkan tidak hanya bagi developer namun juga mereka yang berkontribusi di dalamnya.

Baru-baru ini, seorang pengguna reddit menaruh postingan yang menuliskan bahwa Valve telah membayar lebih dari 45 juta USD, atau sekitar 639 milyar Rupiah, kepada para pembuat skin CS:GO di steam workshop

Steam Workshop: P90 by Coridium

Dalam data yang disampaikan tersebut, ada sekitar 180.000 kreasi yang dikirimkan dalam workshop namun tidak sampai 1% dari semua hasil karya itu yang diterima oleh Valve. Saat ini, user dengan nama Coridium tercatat sebagai orang yang kreasinya paling banyak diterima oleh Valve, yakni 18 skin. Namun, Coridium sepertinya sudah tidak aktif membuat skin lagi dan tidak pernah mengirimkan karya baru sejak 2016.

Fakta menarik lainnya adalah sebesar 39% kreasi yang diterima itu dikumpulkan pada hari Rabu dan Kamis, yang mungkin diibaratkan sebagai 'hari-hari baik' untuk Valve? Sedangkan hari 'terburuk' untuk mengirimkan kreasimu menurut data ini adalah setiap hari Senin dan Selasa, karena persentase diterimanya karyamu dalam dua hari tersebut hanya kurang dari 20%.

Sejak awal dirilis, CS:GO menawarkan konsep kreatif berbentuk skin untuk senjata, baik pistol ataupun pisau. Namun sejak tahun 2016, gloves atau sarung tangan juga mendapat fitur skin yang dengan cepat menjadi item kosmetik paling laku di CS:GO.

Steam Workshop

'Bisnis 'skin' ini memang tampak menjanjikan, lihat saja gim-gim besar seperti Fortnite yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi uangnya melalui penjualan kosmetik in-game. Mungkin jika ke depannya CS:GO menambahkan update skin untuk C4 dan kostum terrorist ataupun CT, pasti akan semakin menarik ya?

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, sudah berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk mengumpulkan skin di CS:GO?