LA Bolds Main

Gandeng IOC, Intel Garap Esports di Olimpiade Tokyo!

Rendy Lim
11/09/2019 16:03 WIB
Gandeng IOC, Intel Garap Esports di Olimpiade Tokyo!
Hadiah Turnamen SF dan Rocket League Capai 500.000 USD!

International Olympic Committee (IOC) dan Intel baru-baru ini mengumumkan kerjasama barunya dengan menghadirkan turnamen esports, Intel World Open. Kompetisi ini akan berlangsung beberapa hari sebelum dimulainya 2020 Summer Olympic di Tokyo, Jepang. 

Kolaborasi dengan Psyonix/ Epic Games serta Capcom, menghadirkan dua gim esports untuk dikompetisikan dalam Intel World Open yakni Rocket League dan Street Fighter V. Masing-masing gim akan menyediakan  prize pool sebesar 250.000 USD, sehingga total hadiah turnamen ini mencapai 500.000 USD!

Intel World Open akan berlangsung selama tiga hari, yakni pada tanggal 22 - 24 Juli 2020, di Tokyo Zepp DiverCity. Berdekatan dengan penyelenggaraan Tokyo Olympic karena pagelaran olahraga terbesar ini akan dimulai pada 24 Juli 2020. 

Babak kualifikasi online akan memberikan keluasan bagi para peserta untuk bertanding dan menjadi perwakilan negaranya. Setelah itu, kualifikasi offline berlangsung di Katowice, Polandia untuk menentukan tim-tim yang akan bertanding di Tokyo nantinya.

Ini bukan pertama kalinya IOC melakukan kerjasama dengan Intel untuk mengadakan kompetisi esports di tengah kemeriahan olimpiade. Sebelumnya, pada 2018 Winter Olympic yang berlangsung di Korea Selatan, Intel juga mengadakan Intel Extreme Masters (IEM) PyeongChang yang mempertandingkan gim Blizzard, Starcraft II. Berbeda dengan IEM PyeongChang yang bisa ditonton via live streaming, maka Intel World Open  kini dapat disaksikan secara langsung di venue. 

Mark Subotnick, director of business development untuk gim dan esports dari Intel mengatakan bahwa Tokyo adalah lokasi ideal untuk mengadakan format baru dari kompetisi ini. Terlebih lagi, kesempatan untuk diadakan berdekatan dengan 2020 Summer Olympics. 

Berdasarkan pemberitaan dari The Esports Observer, Mark menyatakan bahwa Jepang memiliki banyak sejarah tentang gim dan menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat perdana penyelenggaraan Intel World Open. Ditambah lagi, ini merupakan kebangaan bagi mereka bisa menjadi sejarah dalam perkembangan industri gim di Jepang. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, sepertinya bakal sangat meriah yah kalau kompetisi esports dipertandingkan saat Olimpiade!